1.
Teori a priori dan a
posteriori
Pengetahuan a priori adalah
pengetahuan yang bersumber tidak dari pengalaman langsung, melainkan dari
‘aturan umum’ yang ‘dipinjam’ dari pengalaman. Menurut Kant, kriteria pengetahuan
a priori ada dua:
a.
Idea of necessity
(keharusan), misalnya setiap peristiwa tentu ada penyebabnya.
b.
ٍStrict-absolute
(benar-benar absolut), misalnya semua benda memiliki berat. Menurut Kant, ada
jenis pengetahuan yang bersumber dari dunia empirik yang bisa mencapai tingkat
absolut karena kebenarannya mencapai tingkat kepastian.
Sedangkan pengetahuan a posteriori
atau pengetahuan empirik adalah pengetahuan yang bersumber dari pengalaman.
2.
Analitik dan Sintetik
Pengetahuan
diformulasikan dalam bentuk putusan (judgement), ada dua bentuk:
a.
Putusan analitik adalah putusan
dimana predikatnya ada di dalam subyek, misalnya semua lingkaran adalah bulat.
b.
Putusan sintetik adalah putusan
dimana predikatnya di luar subyek, yaitu sesuatu yang berbeda dari subyek dan
memberikan tambahan terhadap subyek, misalnya semua benda memiliki berat.
3.
Obyek pengetahuan
Menurut Kant, obyek pengetahuan ada
dua, yaitu:
a.
Nomena, adalah eksistensi yang
dinalar akal (intelligible existence), yaitu sesuatu yang ada di dalam
diri mereka sendiri dan difikirkan oleh akal. Masalah-masalah rasional itu
adalah Tuhan, kebebasan dan keabadian jiwa.
b.
Fenomena, adalah eksistensi indrawi
dan menjadi obyek pengalaman dan obyek intuisi indrawi (sensuous existence),
bukan sesuatu yang ada di dalam dirinya sendiri. Fenomena itu berupa materi dan
ada dalam realitas indrawi. Fenomena adalah obyek dari pengalaman yang bersifat
mungkin.
4. Sumber
pengetahuan
a. Indera (sense),
inilah yang menyerahkan obyek kepada kita. Tanpa kemampuan indrawi tidak akan
ada obyek yang diberikat kepada kita.
b. Pemahaman (understanding),
inilah yang memberi kita pemikiran. Tanpa pemahaman tidak akan ada obyek yang
dipikirkan.
Sumber: Afandi, Abdullah Khozin. Perkembangan
Epistemologi dari Periode Klasik Sampai Modern. Surabaya: IAIN Sunan Ampel,
2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar