Senin, 19 Desember 2016

Tujuan Mempelajari Psikologi Perkembangan Peserta Didik



Psikologi perkembangan peserta didik memiliki tujuan diantaranya sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya.
2.   Untuk mengetahui tingat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya.
3.   Untuk mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu.
4.  Agar dapat mempersiapkan diri dalam mengahadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak.
5.    Khusus bagi guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak, terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar.
6.   Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
7.  Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
8.   Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, atau masa perkembangan tertentu.
9.   Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
10.    Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dll.
Menurut (Hurlock, 2005:9) mempelajari psikologi perkembangan peserta didik juga memiliki tujuan yang sangat berguna, antara lain:
Ø Dalam memberi motivasi kepada setiap individu untuk melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial pada usia tertentu sepanjang kehidupan mereka dan akhirnya, menujukan kepada setiap individu tentang apa yang akan mereka hadapi dan tindakan apa yang diharapkan dari mereka sampai pada tingkatan perkembangan berikutnya.
Ø Memberikan, mengukur dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dan dalam lingkungan sosial budaya mana saja.
Ø Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
Ø Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
Menurut Mussen, Canger, dan Kagan, tujuan psikologi perkembangan meliputi berikut ini:
a.    Memberikan, mengukur dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tigkat umur dan mempunyai ciri-ciri universal, dalam arti yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
b.    Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
c.   Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
d.   Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dll.

Sumber: Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Kiat Sukses Pendidikan Anak dalam Era Modern. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar