Psikologi perkembangan peserta didik memiliki tujuan
diantaranya sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui tingkah laku individu itu
sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya.
2. Untuk mengetahui tingat kemampuan individu
pada setiap fase perkembangannya.
3. Untuk mengetahui kapan individu bisa diberi
stimulus pada tingkat perkembangan tertentu.
4. Agar dapat mempersiapkan diri dalam
mengahadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak.
5. Khusus bagi guru, agar dapat memilih dan
memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak, terutama dalam
kegiatan proses belajar mengajar.
6. Memberikan, mengukur, dan menerangkan
perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan
tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku
bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
7. Mempelajari karakteristik umum perkembangan
peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
8. Mempelajari perbedaan-perbedaan yang
bersifat pribadi pada tahapan, atau masa perkembangan tertentu.
9. Mempelajari tingkah laku anak pada
lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
10. Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang
dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan dalam fungsionalitas
inteleknya, dll.
Menurut (Hurlock, 2005:9) mempelajari
psikologi perkembangan peserta didik juga memiliki tujuan yang sangat berguna,
antara lain:
Ø Dalam memberi motivasi kepada setiap
individu untuk melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial
pada usia tertentu sepanjang kehidupan mereka dan akhirnya, menujukan kepada
setiap individu tentang apa yang akan mereka hadapi dan tindakan apa yang
diharapkan dari mereka sampai pada tingkatan perkembangan berikutnya.
Ø Memberikan, mengukur dan menerangkan
perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai
dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang
berlaku bagi anak-anak dimana saja dan dalam lingkungan sosial budaya mana
saja.
Ø Mempelajari karakteristik umum perkembangan
peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
Ø Mempelajari perbedaan-perbedaan yang
bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
Menurut Mussen, Canger, dan Kagan, tujuan psikologi
perkembangan meliputi berikut ini:
a. Memberikan, mengukur dan menerangkan
perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai
dengan tigkat umur dan mempunyai ciri-ciri universal, dalam arti yang berlaku
bagi anak-anak dimana saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
b. Mempelajari perbedaan-perbedaan yang
bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
c. Mempelajari tingkah laku anak pada
lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
d. Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang
dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan dalam fungsionalitas
inteleknya, dll.
Sumber: Hosnan,
M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Kiat Sukses Pendidikan Anak
dalam Era Modern. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar