Rekonstruksionalisme dipelopori oleh George Count
dan Harold Rugg pada tahun 1930, yang memiliki keinginan yaitu ingin membangun
masyarakat yang baru, masyarakat yang pantas dan adil. Beberapa tokoh dalam aliran ini antara lain
adalah Caroline Pratt, George Count, Harold Rugg. Hasil karya George Counts
berupa tulisannya tentang "Prinsip Pendidikan" dengan J. Crosby
Chapman. Itu adalah gambaran filosofis, psikologis, dan metodologis American
George Counts ingin para guru untuk memimpin masyarakat bukannya mengikuti
masyarakat. Para guru adalah pemimpin dan harus membuat kebijakan yang bisa
memutuskan antara tujuan dan nilai-nilai. Guru harus peduli dengan urusan
sekolah, tetapi juga harus peduli dengan masalah-masalah kontroversial ekonomi,
politik, dan moralitas.
a. Caroline Pratt. Caroline
Pratt merupakan seorang guru muda yang inovatif. Caroline Pratt mengungkapkan
ide-ide dari Friedrich Froebel tentang sesuatu yang dapat memberikan anak-anak
kesempatan untuk mewakili dunia mereka. Dia merancang unit blok yang menjadi
bahan dasar di sekolah-sekolah di seluruh Amerika Serikat.
b. Harold Rugg (1886-1960). Dia adalah
seorang guru, insinyur, sejarawan, ahli teori pendidikan, dan mahasiswa
psikologi dan sosiologi. Banyak ide-ide novel Rugg's tentang pengembangan
kurikulum yang diterapkan di seri sosialnya 14-volume studi buku, diterbitkan
dengan judul umumnya “Mengubah Manusia dan Masyarakat" antara 1929 dan
1940. Rugg juga menjabat sebagai psikolog pendidikan di Sekolah Lincoln
eksperimental.
Sumber: Pillow, Farenta’s. “Pendidik Terkemuka yang
Mendukung Filsafat Pendidikan Reconstructionism Sosial”. 22 maret 2011
H.W, Gandhi Teguh Wangsa. Filsafat
Pendidikan Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2011
Indar, M. Djumberansjah. Filsafat
pendidikan. Surabaya : Abditama. 1994
Tidak ada komentar:
Posting Komentar