Kamis, 08 Desember 2016

Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan




Ruang lingkup filsafat pendidikan dapat berupa satu kejadian sebagaimana yang tampak dan dirasakan manusia merupakan hakikat keberadaan alam yang tidak pernah pasti dan mutlak. Perubahan yang terjadi pada alam memungkinkan pertumbuhan semua ilmu pengetahuan bersifat universal yang kebenarannya relatif sebagai wujud dari adanya kebenaran mutlak.

Menurut Jalaludin & Idi (2007: 24) secara mikro yang menjadi ruang lingkup filsafat pendidikan meliputi: 

1.    Merumuskan secara tegas sifat hakikat pendidikan (the nature of education); 

2.    Merumuskan sifat hakikat manusia, sebagai subjek dan objek pendidikan (the nature of man);

3.    Merumuskan secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan;

4.    Merumuskan hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, dan teori pendidikan;

5.    Merumuskan hubungan antara filsafat negara (ideologi), filsafat pendidikan dan politik pendidikan (sistem pendidik­an);

6.    Merumuskan sistem nilai, norma atau isi moral pendidik­an yang merupakan tujuan pendidikan.

Dengan demikian, dari uraian di atas diperoleh suatu kesim­pulan bahwa yang menjadi ruang lingkup filsafat pendidikan  itu ialah semua aspek yang berhubungan dengan upaya manusia untuk mengerti dan memahami hakikat pendidikan itu sendiri, yang berhubungan dengan bagaimana pelaksanaan pendidikan yang baik dan bagaimana tujuan pendidikan itu dapat dicapai seperti yang dicita-citakan.



Sumber: Jalaludin & Abdullah Idi. Filsafat Pendidikan. Arrus Media Group. 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar