Secara etimologi, epistemologi merupakan kata gabungan yang
diangkat dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu episteme dan logos.
Episteme berarti pengetahuan atau kebenaran dan logos berarti pikiran, kata
atau teori.
Dengan demikian epistimologi dapat diartikan sebagai pengetahuan
sistematik mengenahi pengetahuan. Epistimologi dapat juga diartikan
sebagai teori pengetahuan yang benar (teori of knowledges). Epistimologi
adalah cabang filsafat yang membicarakan tentang asal muasal, sumber, metode,
struktur dan validitas atau kebenaran pengetahuan.
Secara
terminologi, epistemologi adalah teori atau ilmu pengetahuan tentang metode dan
dasar-dasar pengetahuan, khususnya yang berhubungan dengan batas-batas
pengetahuan dan validitas atau sah berlakunya pengetahuan
itu.
Menurut D.W
Hamlyin, epistemologi adalah cabang filsafat yang berurusan dengan
hakikat dan lingkup pengetahuan, dasar dan pengandaian-pengandaian serta secara umum hal itu dapat
diandalkannya sebagai penegasan bahwa orang memiliki
pengetahuan, sedangkan menurut
Dagobert D. Runes. Seperti yang di tulis Mujamil Qomar, beliau memaparkan bahwa
epistemologi adalah cabang filsafat yang membahas, sumber, struktur, metode-metode, dan validitas pengetahuan.
Istilah
epistimologi dipakai pertama kali oleh J. F. Feriere untuk membedakannya dengan
cabang filsafat lain yaitu ontologi (metafisika umum). Objeck
material epistimologi adalah pengetahuan, sedangkan objek
formal epistemologi adalah hakekat pengetahuan.
Hubungan antara epistemologi dengan pendidikan
Hubungan epistemologi dengan pendidikan adalah untuk mengembangkan ilmu
secara produktif dan bertanggung jawab serta memberikan suatu gambaran-gambaran
umum mengenai kebenaran yang diajarkan dalam proses pendidikan.
Sumber:
Bakhtiar, Amsal. 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Qomar, Mujamil. 2005. Epistemologi Pendidikan Islam: dari Metode
Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga.
Idi, Jalaluddin Abdullah. 1997. Filsafat Pendidikan.
Jakarta: Gaya Media Pratama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar