Kamis, 08 Desember 2016

Filsafat Pendidikan Menurut Para Ahli



Menurut John Dewey, filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar yang fundamental baik yang menyangkut daya pikir intelektual maupun daya perasaan emosional menuju tabiat manusia.
Menurut Thompson, filsafat artinya melihat suatu masalah secara total dengan tanpa ada batas atau implikasinya, ia tidak hanya melihat tujuan, metode atau alat-alatnya tapi juga meneliti dengan seksama hal-hal yang di maksud. Keseluruhan masalah yang dipikirkan oleh filosof tersebut merupakan suatu upaya untuk menemukan hakikat masalah. Sedangkan suatu hakikat itu dapat di bakukan melalui proses kompromi.
Menurut Imam Barnabid, filsafat pendidikan merupakan ilmu yang pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Baginnya filsafat pendidikan merupakan aplikasi suatu analisis filosofis terhadap bidang pendidikan.
Menurut Prof. Dr. Hasan Langgulung Filsafat pendidikan adalah teori atau ideologi pendidikan yang muncul dari sifat filsafat seorang pendidik, dari pengalaman-pengalamnnya dalam pendidikan dan kehidupan dari kajiannya tentang berbagai ilmu yang berhubungan dengan pendidikan, dan berdasar itu pendidik dapat mengetahui sekolah berkembang. Kenapa kanak-kanak belajar? Apa hubunganny antara sekolah dengan lembaga-lembaga sosial yang lain? Apa watak proses pendidikan itu? Dan apa pula watak tujuan-tujuan pendidikan?
Dari beberapa pengertian filsafat pendidikan di atas dapat disimpulkan bahwa, filsafat pendidikan merupakan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan dalam pendidikan, yang meliputi pendidik, peserta didik, tujuan, latar belakang, cara, hasil dan aspek-aspek pendidikan yang lain.

Sumber:
Imam barnabid. 1993. filsafat pendidikan sistem dan metode. Andi offset. Yogjakarta.
Arifin. H. M. 1993. filsafat pendidikan islam. Jakarta.bina aksara,
Ali, Hamdani. 1986. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kota Kembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar